Senin, 28 Juli 2014

Membuat Aplikasi Windows 8 sederhana

Di awal mula belajar Bahasa pemrograman, biasanya kita membuat aplikasi Hello World terlebih dahulu. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana membuat aplikasi sederhana yang isinya adalah pengembangan dari aplikasi Hello World yang biasa. Sebelum memulai, siapkan dahulu software Visual Studio, karena kita membuat apikasi Windows 8, maka versi minimumnya adalah Visual Studio 2012. Visual Studio sebenarnya adalah software berbayar, namun kita bisa memakai versi Express yang merupakan versi gratis (bisa di unduh di link ini). Setelah VS 2012 (atau yang lebih baru) sudah terinstal, mari kita mulai. Langkah-langkahnya adalah:

1. Buat sebuah projek baru dengan klik: File > New > Project.

2. Pada jendela baru yang terbuka pilih: Visual C# > Windows Store > Blank App (XAML). Berikan nama “Hello” untuk nama projeck kita. Klik OK.

3. Kita akan masuk pada halaman projek kita, pertama yang kita lihat adalah sintaks dari file App.xaml.cs.

Untuk melihat tampilan GUI (Graphical User Interface) dari program kita klik “MainPage.xaml” yang ada di panel Properties.

4. Kemudian buka panel Toolbox, dan tambahkan 2 Text Block, 1 Text Box, dan 1 Button (kita tinggal men-Drag-and-Drop item yang ingin kita tambahkan).

 Susun seperti gambar di bawah ini.

Setiap kita menambahkan item baru maka akan kode sintaks akan secara otomatis ter-generate.

5. Berikan nama untuk masing-masing item, caranya adalah dengan mengklik item tersebut lalu pada panel Properties, isikan nama item tersebut pada kolom Name. lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:

Untuk penamaan item, atur seperti di bawah ini:
Text Box : inputNamaButton : Button_1
Text Block 2 : outputNama
Berikut adalah kode lengkapnya:
Note: pada panel Properties ini kita juga bisa mengatur tipe dan besar font, warna item, opacity, dll. Silakan dieksplorasi sendiri.

6. Klik Button_1, kemudian masuk ke panel Properties. Klik ikon petir, lali kita tambahkan event pada saat Button_1 di klik. Pada kolom Click berikan nama Button_1_click (bisa kita berikan nama apa saja). Kemudian Klik 2 kali kolom tersebut (bisa juga dengan meng-klik 2 kali pada button yang ada di tampilan GUI).


7. Kita akan masuk ke sintaks App.xaml.cs. lalu tambahkan kode di bawah ini:

8. Nah, sekarang kita uji aplikasi yang barusan kita buat. Ada tiga pilihan dalam menjalankan aplikasi kita.

Simulator : Aplikasi kita akan dijalankan pada emulator windows 8. Dengan simulator ini kita bisa melakukan aksi layaknya windows yang diinstal di sebuah tab (pendapat ane sendiri sih :D).
Local Machine : Aplikasi akan dijalankan di komputer kita, saya sarankan untuk memakai pilihan ini karena komputer tidak akan terbebani dengan membuka simulator.

9. Nah tampilan akhir dari program kita adalah seperti di bawah ini:
Masukkan nama pada Text box dan tekan tombol “Say Hello”.


Selamat mencoba, jika ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar.

0 comments:

Posting Komentar