Kamis, 19 Mei 2011

Instalasi Mikrotik OS

        Instalasi Mikrotik OS sangat mudah cepat, kebutuhan hardwarenya juga termasuk rendah. Berikut spesifikasi minimal Hardware yang dibutuhkan untuk menginstal Mikrotik :
  • Processor Pentium II
  • Memori 128
  • NIC (LANCARD) 2 buah
  • Hardisk minimal 1GB
  • CD ROM
       Sebelum menginstal, download terlebih dahulu file ISO nya dari situs resminya (versi trial) Di Sini atau yang sudah di crack Di Sini . Kemudian bakar di CD. Setting boot pertama komputer ke CD ROM, masukkan CD yang telah terisi Mikrotik dan boot melalui CD. Tunggu hingga muncul tampilan seperti ini :

Pada menu instalasi di tampilkan service apa saja yang ingin kita install. Untuk lebih mudahnya kita pilih semua service yang di sediakan dengan menekan tombol "a". maka semua service akan terpilih.


Apabila kita menginstall baru tekan tombol ‘n’ atau apabila kita hanya menambahkan service baru tekan tombol ‘y’ agar konfigurasi yang sudah ada sebelumnya tidak hilang. Langkah berikutnya akan disiapkan ruang harddisk yang akan di pakai oleh MIKROTIK dengan memformatnya dan mengkopikan file-file yang dibutuhkan.


Setelah proses pengkopian file selesai kemudian proses instalasi membutuhkan reboot ulang. Apabila semua proses instalasi berjalan dengan lancar, setelah reboot ulang di layar akan muncul tampilan user login dan password, seperti gambar di bawah :


Secara default user yang dipakai adalah user admin dengan password yang masih kosong. Setelah login tampilan awal akan seperti berikut :



Dengan begini proses instalasi telah selesai.

2 komentar:

  1. aku pernah download ISOnya, sudah tak burning ke CD, tapi kenapa pas di restart, gak bisa dibaca ya? padahal first boot sudah ke CD, sudah berkali-kali, akhirnya males belajar MIKROTIK, ada saran?

    BalasHapus
  2. Kemungkinan ISO yang km pke bermasalah bro, atau terjadi kesalahan pas proses burning ISO ke CD. Coba km tes kualitas ISO mikrotik km pke VMware dulu. Bntar lagi ku upload file ISO mikrotik yg udah di crack, spa tau gak error lagi.

    BalasHapus