Rabu, 13 Oktober 2010

Default Routing

Router adalah perangkat yang memutuskan jalur mana yang dipilih untuk mengirim paket data untuk mendapatkan satu langkah lebih dekat ke tujuan, dan kemudian mengirimkannya di sana.

Dalam rangka untuk membuat keputusan ini, router melihat alamat tujuan pada paket dan kemudian berkonsultasi daftar aturan diprogram ke router oleh orang yang mengaturnya. Jika tidak ada aturan eksplisit meliputi paket ini - jika router tidak diprogram dengan sebuah aturan tentang bagaimana untuk rute paket ke tujuan tertentu - maka router mengirimkan paket ke rute default.
Dengan kata lain, rute default adalah tujuan bahwa suatu paket dikirim ke jika router tidak memiliki petunjuk untuk mengirim di tempat lain.
Sebagai contoh, pertimbangkan sebuah router rumah sederhana yang menghubungkan jaringan rumah Anda ke Internet. router ini akan memiliki dua aturan routing - satu untuk komputer pada jaringan internal Anda, dan default route. Rute standar akan mengirim paket hulu ke ISP Anda. Sehingga setiap paket yang tidak akan komputer lain di rumah Anda akan selalu dikirim ke Internet.


Routing default secara actual menggunakan format :
  • ip route 0.0.0.0 0.0.0.0 [next-hop-address | outgoing interface ]
  • Mask 0.0.0.0

Secara logika jika kita AND-kan dengan IP address tujuan selalu menunjuk ke jaringan 0.0.0.0. Jika paket tidak cocok dengan rute yang ada dalam table routing, maka paket akan dirutekan ke jaringan 0.0.0.0.
Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi routing default:
  •  Langkah 1 – masuk mode global configuration.
  •  Langkah 2 – ketik perintah ip route dengan 0.0.0.0 sebagi prefix dan 0.0.0.0 sebagai mask.
    Alamat tambahan untuk routing default dapat berupa address dari local interface yang terhubung langsung ke jaringan luar atau IP address dari next-hop router.
  • Langkah 3 – keluar dari mode global config.
  • Langkah 4 – gunakan perintah copy running config startup-config untuk menyimpan konfigurasi yang sedang jalan ke NVRAM.


0 comments:

Posting Komentar